Daftar Calon Menteri Perempuan yang Diundang Prabowo, Mulai dari Veronica Tan hingga Sri Mulyani

Daftar Calon Menteri Perempuan yang Diundang Prabowo, Mulai dari Veronica Tan hingga Sri Mulyani

Daftar Calon Menteri Perempuan yang Diundang Prabowo--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pada tanggal 14 Oktober 2024, Presiden terpilih Prabowo Subianto mengundang para menteri dan calon menteri kabinetnya ke kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta. Pertemuan tersebut dihadiri oleh 49 tokoh, termasuk empat perempuan yang sudah dikenal luas oleh publik.

Salah satu tokoh perempuan tersebut adalah Sri Mulyani Indrawati, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Keuangan di era Presiden SBY dan Jokowi. Ia diminta kembali mengemban posisi sebagai Menteri Keuangan.

Siapa saja daftar calon menteri perempuan yang diundang Prabowo? Yuk simak!

BACA JUGA:Sapa Emak-emak di Bekasi, Cawagub Gita KDI Komitmen Wujudkan Program Kongkret untuk Kesejahteraan Perempuan

Sri Mulyani

Sri Mulyani Indrawati, kelahiran Bandar Lampung pada 26 Agustus 1962, adalah perempuan Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia sejak 1 Juni 2010.

Sebelum menduduki jabatan tersebut, ia pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Indonesia Bersatu, dan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

Ia juga sempat menjadi Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM FEUI) sebelum berkarier di pemerintahan.

Selama kariernya, Sri Mulyani telah menerima berbagai penghargaan, termasuk Menteri Keuangan Terbaik Asia pada 2006 dan wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi Forbes pada 2008.

Veronica Tan

Veronica Tan lahir di Medan pada 6 September 1977 dan merupakan anak tertua dari tiga bersaudara. Setelah menamatkan SMA, ia melanjutkan studi di bidang arsitektur di Universitas Pelita Harapan di Jakarta, meskipun tidak sampai selesai. 

Veronica mendampingi mantan suaminya, Ahok, dalam dunia bisnis di Belitung Timur sebelum Ahok masuk ke politik.

Seiring karier politik Ahok yang menanjak, Veronica turut berpindah ke Jakarta dan tetap berada di sisinya, termasuk saat Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Setelah Ahok menghadapi kasus hukum pada 2017, Veronica tetap mendampinginya. Namun, keduanya akhirnya bercerai pada awal 2018. Veronica juga pernah menjabat sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta dan terlibat dalam bisnis alat PCR COVID-19.

BACA JUGA:Gagal Gasak Motor Curiannya, 2 Maling Diamuk Warga Cikarang, 1 Orang Tewas

Meutya Hafid

Meutya Viada Hafid, lahir pada 3 Mei 1978, merupakan mantan jurnalis yang kemudian berkarier di politik. Ia menjadi anggota DPR-RI sejak 2010 dan mewakili Sumatera Utara I. Meutya dikenal aktif di Komisi I DPR sejak 2019 dan pernah bekerja sebagai jurnalis di Metro TV.

Widiyanti Putri Wardhana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: